Latar Belakang

Arah Dasar KAJ 2022-2026

Untuk tahun 2022-2026, Keuskupan Agung Jakarta memiliki Arah Dasar dengan 5 nilai Ajaran Sosial Gereja. Kelima nilai ajaran ini menjadi tema tahunan dalam kegiatan Keuskupan maupun Paroki:

  • Penghormatan Martabat Manusia (2022)

  • Kesejahteraan Bersama (2023)

  • Solidaritas - Subsidiaritas (2024)

  • Kepedulian Lebih pada yang Lemah & Miskin (2025)

  • Keutuhan Alam Ciptaan (2026)

Dalam melaksakan Tema Tahunan dan Arah Dasar 2022-2026, pada tingkat Keuskupan Agung Jakarta, dan Paroki Kelapa Gading, telah dibentuk 5 Tim Sinergi Bidang Pelayanan (TSBP 1-5):

  1. Pastoral Keluarga

  2. Pendampingan Orang Muda

  3. Liturgi & Pewartaan

  4. Kaderisasi & Kerasulan Awam

  5. Pelayanan Digital


Program Karya TSBP 5

Gereja Ramah Digital

  1. Menciptakan konten-konten audio-visual "Sadar Literasi Digital"

  2. Program live interactive (1 acara/minggu)

    • Bekerjasama dengan Seksi Kerasulan Kitab Suci

  3. Video singkat durasi 2-3 menit (1 video/bulan)

  4. Konten-konten media sosial

People and Culture

  1. Ikut serta dalam training awarenessDigital Mindset’ yang diadakan Tim IT & Kreatif KAJ, khususnya bagi Para Romo, pengurus inti DPH, prodiakon, para konselor paroki, katekis.

    • 2 * 4 Sesi Pelatihan Membangun Budaya Digital (5 DPH dan 5 Aktifis)

    • 3 * 3 Sesi Pelatihan Content Creator (Food, Iman/Religion, Music)

    • 3 * 2 Sesi Pelatihan Pemberdayaan UMKM

  2. Paroki diharapkan membangun Budaya Organisasi: Responsif, Efisien, Lincah, berfokus pd Misi, Inovatif, Efektif

    • 3 Seminar pengenalan Digitalisasi Pelayanan (DPH, Pengurus Lingkungan, Seksi-Subseksi, dan Kategorial)

      • Website (Menambah konten berita dan acara, Peta Wilayah/Lingkungan)

      • WhatsApp Business Account

      • Google Workspace dan Microsoft Business (Single-Sign-On dengan Google Account, Google Shared Drive, Google Meet, Microsoft Teams)

    • 3 Seminar untuk umat berkaitan dengan Budaya Digital

  3. Membentuk Tim IT&Kreatif yang berkolaborasi untuk menciptakan karya pelayanan yang efektif dan efisien.